Kamis, 16 Oktober 2008

ZERO = NOL

“Mulai dari nol yah pak.....” seorang petugas pom bensin memberikan informasi kepada konsumennya.

Kita pasti langsung 'ngeh' iklan apa ini....Iklan ini sepintas lalu tidak ada yang istimewa, hanya sebuah iklan masyarakat. Kata nol yang disampaikannya pun bermakna “ya...memang harus dimulai dari nol dunk, kalo kagak korupsi dunk....” he he he

Kemudian....
Idul fitri datang, berbagai ucapan selamat dan kata maaf datang dari teman, kerabat, sahabat, kenalan bahkan klien kita. Dan bangsa ini tiba-tiba menjadi sangat puitis dan melankolis, menyusun kata2 indah dan penuh makna untuk dikirimkan kepada handai tolan, hanya untuk memperoleh pintu maaf.



Tidak terkecuali, hp gw yang melaporkan ada sebuah sms masuk dari seorang teman, isinya : Taqaballahu minna waminkum. Maafkan sgl kesalahan. Mulai dari 0 lg yach? tiba-tiba kata nol disini menjadi sangat berarti bagi gw, cuman satu kalimat tersebut tetapi membuat gw seperti menemukan oase yang selama ini gw cari. Kayaknya plong....bangets....,

Kata orang Idul Fitri berarti kita menjadi fitrah atau suci kembali, makna tersebut mungkin baru gw temukan tahun ini. Kita sadar bangets, sebagai manusia yang bersifat sosial tidak mungkin lepas dari kekhilafan atau kesalahan, amarah, bahkan prasangka buruk yang selama ini melingkupi diri, hati dan pikiran kita. Tetapi hanya dengan satu kalimat "kembali ke nol yach!" semuanya menjadi hilang begitu saja, bener2 berasa seperti bebas dari beban yang menggantung karena hati kita seperti terbuka untuk kata maaf dan memaafkan.

Tiada yang tahu seseorang mendapatkan pahala maupun dosa dari perbuatannya, yang dapat menilai dan mengetahui hanyalah Sang Maha Tahu, Pemilik Kehidupan, Pencipta Bumi dan Langit. Tugas kita hanya melakukan segala sesuatunya dengan sebaik2nya dan mulai membuka pintu maaf untuk diri sendiri , orang lain, dan lingkungan kita, maka......duniapun terasa indah.

Pada akhirnya di bulan syawal ini (mumpung belum habis neh...) gw mau ngucapin :


Selamat Idul Fitri 1429 H
Taqoballahu minna wa minkum, ta qoballahu ya karim. Minal Aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Maafin kalo gw ada salah2 kata, candaan atau perbuatan gw yang menyinggung relung hati terdalam yang sangat lembut itu, so...mulai dari nol yach.....

Tidak ada komentar: